Cara Membuat Antena TV Tanpa Booster

Cara membuat antena tv tanpa booster. Sobat teknofress semuanya, akhir-akhir ini kinerja antena Televisi luar yg terpasang sejauh ini bisa dibilang tak memuaskan terutama bagi yang tinggal di daerah nun jauh dari perkotaan. Kami katakan ada kelemahan pada penerimaan cannel TransTV, canel Indosiar, canel RCTI & juga TPI. Kadang bambu antena harus berulang diputar-putar supaya salah satu ataupun beberapa stasiun dan cannel itu bisa diterima dgn kualitas gambar yang clear, ditambah lagi jika ada angin di luar rumah yang bertiup kencang, bakal mutar-mutar sendiri dah antenanya.

Cara Membuat Antena TV Tanpa Booster

Cara Lainnya Ne Bro : Cara Membuat Antena Parabola TV dari Wajan, Work 100%

So melihat fenomena menyedihkan tersebut, hari Ahad kemarin ane coba buat antena sendiri. Speknya kayak gini :


  • Ukuran / size tak terlampau besar

  • Dipasangnya di bawah atap

  • Hasil picture / gambar lumayan memuaskan utk semua jaringan / channel

Idealnya sich dipilih frekwensi bagian tengah, setelah itu dihitung panjang gelombangnya. Cari design antena ataupun software antena. Sesuaikan / adjust ukuran / size antena dgn frekwensi bagian tengahnya, lalu simulasikan untuk model antenna dgn software, potonglah elemen atau driver presisi sampai milimeter.
Tetapi ane pakai trik katro aja, copy driver antena komersial. Ane coba design antenna reflektor yang sederhana, elemennya hanya ada dua : reflektor & driver, reflektor dengan ukuran sekitar 35 centimeter X 50 centimeter, reflektornya cukup besar, disamping utk menggunakan bahan secara lebih maksimal, disamping itu juga untuk melakukan pengujian awal kinerja antena. Dan driver ini bentuknya kayak dasi bentuk kupu-kupu. Untuk jarak antara driver ialah 2 centimeter. Tak perlu balun ataupun transformer, jarak antara reflektor & driver ialah 11 centimeter.
Bahannya ialah seng sisa displang, kalian bisa belikan seng displang 1 meter ditoko besi. Potonglah pakai gunting kertas. Tak usah repot-repot beli atau cari gunting seng, ukurannya tak perlu presis sampai milimeternya, cukup dua jam utk menyelesaikannya, tapi memang antena masih dipakaikan booster, sebab rumah ane di daerah Jatiendah berlokasi di lembah tak memperoleh line of sight, sepertinya terhalang oleh perumahan Pasir Jati yg lebih tinggi kurang lebih enam meteran, jika rumah kalian tak terhalang oleh bukit atau penghalang lain tak perlu booster dan tanpa booster seharusnya bisa.
Dan hasilnya luar biasa semua channel / saluran TV gambarnya sangan jernih, terkecuali IMTV kayak rusak gitu. MQTV & PJT agak kurang jernih, Roja TV Insan TV.
Kelebihan pakai antena ini ialah :

  • Tak perlu kuatir sama angin lagi alias bebas angin.

  • Kumparan / rangkaian boosternya dijamin awet, tak kena ama panas dan hujan

  • Mayoritas channel gambarnya clear dan jernih plus sempurna. Ane menggunakan tuner Gadmei, jika pakai TV, pasti all channel akan sempurna dan kinclong.

Sebelumnya ane juga sempat membuat antena reflektor dengan versi lain, untuk versi ini reflector-nya memakai ram atau kasa nyamuk, drivernya empat buah v driver yg dibuat dr bahan kawat jenis las kuningan. Tapi hasilnya gagal alias nol besar.
Karena masih banyak yang bingung terkait bagaimana cara pembuatan antenanya, nich ane tuliskan langkah- langkah pembuatannya secara detail.

  • Sediakan seng nisplang

  • Potonglah seng utk reflektornya, memotong pakai gunting kertas bisa

  • Potonglah seng utk bahan kupu-kupu nya

  • Potonglah reng utk dudukan bahan kupu- kupu nya

  • Potonglah reng atau paralon utk pegangan atau gantungan antenanya

  • Pakulah reng dudukan untuk kupu- kupunya di reflektor

  • Pakulah kupu2 di reng

  • Pakulah reng atau paralon di reflektor

  • Pasanglah kabel di kupu- kupu, cukup dengan diselipkan di antara seng kupu- kupu & reng lantas dipaku

  • Pasanglah atau gantung antenna

  • Pasanglah boosternya

  • Silahkan coba di Televisi kamu.

Reng buat dudukan driver kupu- kupunya dapat diganti dengan kayu usuk ataupun bahan lainnya, atau bisa juga dus karton, jika pakai dus karton maka tak perlu menggunakan bahan paku, tetapi bisa ganti lem.

Cara Membuat Antena TV Tanpa Booster

Terakhir, koneksi kabel yang menuju ke driver mesti kencang, jika mau bagus disolder aja. Koneksi yg tak kencang mengakibatkan kualitas gambar low alias gambar kadang kayak semutan gitu, jangan lupa kalian atur juga trimpot GAIN di boosternya. Trimpot gain sangat berpengaruh buat kejernihan atau kekuatan sinyalnya, trimpotnya tak mesti harus pada posisi maximum gain.

Cara Membuat Antena TV Tanpa Booster Rating: 4.5 Posted By: ehwah

0 komentar :

Posting Komentar