Inilah Penyebab Smartphone Bisa Terbakar dan Meledak

Penyebab Smartphone Bisa Terbakar dan Meledak - Anda tentu saja pernah mendengar kasus meledaknya smartphone dan melukai penggunanya. Memang akhir akhir ini kasus smartphone yang terbakar atau meledak sering terjadi, dan tak hanya sekali dua kali. kasus terakhir adalah meledaknya iPhone di California yang membuat paha pemiliknya terbakar. Tak hanya produk Apple, Samsung galaxy S4 juga pernah terbakar dan mencederai penggunanya. Maraknya kejadian smartphone meledak tentu menimbulkan pertanyaan bagi kita ? mengapa smartphone bisa meledak ? Apa penyebab smartphone bisa terbakar dan meledak ?

Terdengar miris memang, smartphone yang sejatinya memudahkan komunikasi dan membantu kinerja kita justru seperti bom waktu yang sewaktu waktu dapat mengancam keselamatan kita. Dilansir dari Ubergizmo.com kebanyakan smartphone yang meledak atau terbakar disebabkan oleh baterai. Indikasi smartphone yang meledak dimulai dari fase melembungnya baterai. Baterai itu yang kemudian membawa resiko ledakan. Oleh sebab itu jangan anggap remeh baterai yang sudah mulai menggelembung dan memaksanya untuk tetap menyuplay atau diisi daya.

[caption id="attachment_501" align="alignnone" width="300"]Penyebab Smartphone Bisa Terbakar dan Meledak HTC juga pernah mengalami perangkatnya meledak[/caption]

Berikut ini faktor penyebab smartphone bisa terbakar dan meledak


Penggunaan yang berlebihan
Penggunaan ponsel secara berlebihan menjadi penyebab utama baterai menjadi cepat panas dan menggelembung. Pemakaian telpon dalam jangka waktu yang lama atau bermain game dapat menyebabkan baterai cepat panas. Dalam berbagai kasus smartphone meledak ketika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya istirahatkan ponsel ketika baterai sudah terasa panas atau suhu di atas 50 derajat. Hal itu untuk mengurangi resiko cepat menggelembung.

Salah menggunakan charger
Saat ini banyak smartphone yang menggunakan port charger berupa micro USB sehingga seringkali kita menggunakan charger merk ponsel lain untuk ponsel kita. Meskipun daya bisa masuk akan tetapi perlu diketahui bahwa ukuran voltage masing masing charger tak sama. Sehingga ketika kita asal menggunakan charger akan beresiko merusak baterai.


Usia baterai
Sama seperti benda lainnya, baterai juga memiliki usia pkai. Semakin lama digunakan maka suatu saat akan rusak dan tidak bisa dipakai. Namun umur baterai dapat diperpanjang dengan cara perawatan yang benar seperti pengisian baterai yang tepat, jangan menunggu benar benar habis, atau mencabut charger ketika sudah terisi penuh.

Kualitas baterai
Kualitas baterai memang tidak bisa dibohongii. Untuk baterai berkualitas tentu memiliki usia pakai yang cukup awet, sedangkan untuk baterai KW akan cepat rusak atau menggelembung. Oleh sebab itu selalu gunakan baterai original untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa penyebab smartphone bisa terbakar dan meledak, faktor utamanya berasal dari baterai. Jika tepat dalam perawatan kita tak perlu mengkhawatirkan kejadian serupa terjadi pada kita. Semoga bermanfaat

Inilah Penyebab Smartphone Bisa Terbakar dan Meledak Rating: 4.5 Posted By: ehwah

0 komentar :

Posting Komentar