6 Tips Sebelum Membeli Ponsel Android

Tips sebelum membeli ponsel android - Serasa tak ada habisnya jika kita membicarakan ponsel Android saat ini. Smartphone dengan OS buatan Google tersebut memang tengah menjadi primadona di seluruh dunia. Perkembangan teknologi dan fitur yang semakin tinggi membuatnya makin populer, apalagi dukungan aplikasi serta games berkualitas HD juga kian banyak memanjakan pengguna. Hanya saja seperti hukum permintaan pasar, semakin banyak peminat maka semakin banyak pula produk yang beredar. Saat ini anyak produsen elektronik yang latah meluncurkan ponsel berlabel Android, mereka menawarkan harga yang murah serta spesifikasi tinggi. Keadaan seperti ini acap kali membuat calon pembeli Android menjadi bingung ketika akan memilih dan membeli ponsel Android.

[caption id="attachment_484" align="alignnone" width="200"]Tips sebelum membeli ponsel android Tips sebelum membeli ponsel android[/caption]

Membeli ponsel Android tak bisa sembarangan, kita harus teliti dan tepat dalam menentukan produk yang akan kita “gengam”, sebab kebanyakan ponsel android murah memiliki tingkat resiko kerusakan yang cukup tinggi. Namun ponsel Android yang mahal belum juga menjamin memiliki spesifikasi dan performa yang apik. Nah untuk itu kali ini teknofress akan berbagi tips sebelum membeli Android.

1. Sesuaikan kemampuan dengan harga

Hal paling utama yang harus diperhatikan sebelum mebeli ponsel Android adalah menyesuaikan budget. Jangan sampai gadget yang mengendalikan budget. Sebaiknya, beli ponsel yang sesuai dengan kemampuan kita.

2. Piih OS & Performa                       

Tolok ukur sebuah ponsel dikatakan smart (smartphone) dinilai dari spesifikasi dan performanya. Sebaiknya pilih ponsel dengan spesifikasi minimal prosesor dual core dengan clock speed minimal 1 GHz serta RAM minimal 512 MB untuk mendapatkan performa ponsel yang stabil. Sedangkan untuk sistem operasi, sebaiknya pilih ponsel yang sudah mngadopsi Android versi 4.0 ke atas (ICS, Jelly Bean, KitKat).

3. Ukuran layar 

Ukuran layar yang besar memang menjadi tren smartphone saat ini, dengan fungsinya yang menampilkan gambar lebih detail. Hanya saja, sebaiknya pilih ponsel yang cukup nyaman bagi Anda untuk bernavigasi. Ponsel dengan layar besar memang terlihat premium tapi bisa jadi akan menyulitkan Anda untuk menggunakannya, terutama bagi yang memiliki jari mungil.

4. Resolusi layar tinggi

Selain besarnya ukuran layar, hal lain yang juga perlu diperhatikan ialah resolusi layar. Semakin tinggi kerapatan layar (biasanya memiliki satuan ppi/piksel per inchi) maka gambar yang dihasilkan akan semakin halus.  Saat ini minimum resolusi untuk sebuah smartphone adalah resolusi VGA atau 480x600 piksel

5. Daya tahan baterai cukup

Di era smartphone daya tahan atau kapasitas baterai menjadi salah satu poin penting yang sangat vital. Ketahanan baterai sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, sebab smartphone memiliki tingkat konsumsi daya yang cukup tinggi, baik untuk internet, game, atau aktivitas lain. Sebaiknya pilih ponsel dengan kapasitas baterai minimal 1500 mAh, tentu dibandingkan juga dengan spesifikasi yang dimilikinya. Semakin tingi spesifikasi, maka harus diimbangi dengan kapasitas baterai yang juga makin tinggi.

6. Dukungan Update

Seperti ita tahu, OS Android menjadi OS yang paling produktif dalam melakukan update/upgrade sistem. Dalam setahun ada 2-3 update minor. Sehingga sangat disarankan sebelum Anda membeli ponsel, pilihlah vendor yang memberikan layanan update untuk produk produkny.

Itulah beberapa tips sebelum membeli ponsel android yang dapat Anda jadikan referensi. Tentunya dengan pemilihan yang tepat akan mendapatkan smartphone yang baik.

6 Tips Sebelum Membeli Ponsel Android Rating: 4.5 Posted By: ehwah

0 komentar :

Posting Komentar