Rahasia Dibalik Akuisisi Motorola Dari Google Oleh Lenovo

Sebuah kejutan hadir di akhir bulan Januari ini. Seperti banyak diberitakan di media internet saat ini Lenovo telah mencapai kesepakatan dengan Google untuk mengakuisisi divisi mobile Motorola. Dengan akuisisi tersebut, Lenovo menjadi pemegang hak jual Motorola. tentu saja keputusan Google tersebut menuai banyak pertanyaan, pasalnya Motorola baru dibeli oleh Google pada akhir 2011 dengan harga yang cukup mahal yakni USD 12,5 miliar baru berselang 2 tahun dilepas ke Lenovo dengan nilai akuisisi yang jauh lebih rendah USD 2,91 miliar.

Akuisisi Motorola Dari Google Oleh Lenovo

akuisisi motorola oleh lenovo

Lantas Apa Sebenarnya Alasan Google Melego Motorola ?
Banyak pengamat berpendapat bahwa keputusan Google tersebut merupakan sebuah strategi bisnis yang biasa. pasalnya penjualan Motorola di bawah tangan Google juga terbilang tidak terlalu bagus, bahkan di akhir 2013 Google mencatat kerugian hampir USD 250 juta. Dengan melepas Motorola ke lenovo diharapkan Motorola tetap bertahan dan memajukan ekosistem android. Akuisisi Motorola Dari Google Oleh Lenovo.
Dilansir dari Tevhcrunch, CEO google Larry page menyampaikan bahwa ditangan Lenovo Motorola tetap akan menjaga brand dan identitas Motorola. selain itu sebagai produsen PC terbesar, Lenovo memiliki pengembangan hardwrae yang bagus untuk membawa Motorola ke penjualan yang lebih bagus. Akuisisi Motorola Dari Google Oleh Lenovo

Lalu apa untungnya untuk Google ? Jangan salah meski telah dibeli lennovo, seluruh paten motorola masih dipegang oleh google untuk pengembangan Android. Dengan kata lain Motorola dijadikan tumbal oleh Google untuk memperbesar penjualan unit Android namun Google masih memperoleh bagian dari penggunaan patennya. Di lain pihak bagi Lenovo, akuisisi ini akan berimbas pada penjualan unit smartphonennya di kawasan Amerika dan Eropa. Seperti diketahui, selama ini produk Lenovo kesulitan untuk menembus pasar Amerika.

Rahasia Dibalik Akuisisi Motorola Dari Google Oleh Lenovo Rating: 4.5 Posted By: ehwah

0 komentar :

Posting Komentar